Road Trip Jogja (2)

11 Oct 2010


Makan di angkringan
Satu jam lebih aku dan sahabat-sahabat berada di pombensin yang lumayan sepi itu. Karena kamar mandi ada dua, mengharuskan mandi kita bergilirian. Dan harus berjuang menunggu ketika orang lain ikut menggunakan kamar mandi itu . Setelah semua kembali ke top performance alias segar dengan baju kebangsaan berwarna putih, dotS, kami segera mencari tempat makan.

Putar sana, putar sini akhirnya aku menemukan tempat makan yang terkenal murah di Jogja. Angkringan. Kalao di Semarang menyebutnya kucingan. Kalian tahu nggak berapa duit yang kita bawa? Hanya bermodal uang bensin dan uang saku nggak lebih 20 ribu, menjadikan aku dan sahabat-sahabat harus memilih tempat makan yang serba murah ini.

Tiap satu orang sebelum berangkat menyumbang 25 ribu untuk uang bensin bolak-balik ke Semarang. Personil yang ikut sekitar 5 orang. Jadilah total yang dikumpulkan sekitar 125 ribu plus tambahan dariku menjadi 150 ribu untuk uang bensin. Alhamdulillah cukup bolak-balik.

Makan nasi bungkus, 2 sate , tempe dan es teh manis hanya mengeluarkan biaya sekitar 5 ribu perak. Nah lo, benar murah kan. Jadi buat teman-teman yang ingin ke Jogja dan mau ngirit pengeluaran setidaknya tempat makan angkringan cocok sebagai rekomendasi buat kalian tentunya.

Kopi jos khas Jogja bareng BLOGDETIK

Hingar bingar pergelaran Pesta Blogger pun di mulai. Aku sudah berada di tempat acara sekitar pukul 7 malam. Menggunakan trademark-ku, topi fedora , aku melakukan pendaftaran ulang di pintu masuk, dan tak selang berapa lama akhirnya bisa bertemu dengan teman-teman dari BLOGDETIK yang seperti biasa selalu dengan 5 pendekarnya. Ada Karel, Bang KW, duo wanita cantik; Mei dan Mely dan juga bang Marwan. Dan ditambah satu seorang pengemudi handal yang selalu menemanin 5 pendekar dari Jakarta ini. Rasa rindu bertemu dengan teman-teman Blogdetik akhirnya tersampaikan juga.


Sampai dalam, kemeriahan ini tampak dari beragam orang-orang yang hadir memanfaatkan momen dengan cara foto-foto di sekitar dinding yang sudah dipasang spanduk ukuran sangat besar bertuliskan pesta Blogger. Aku nggak ingin membuang momen ini, lihat saja fotoku dan sahabat-sahabat dotS dibawah ini. Lihat diriku yang menggunakan topi.

Disana aku bertemu banyak orang. Ada mas Aribicara, blogger detik dari Jogja. Teman-teman baru dan teman-teman dari Semarang lainnya juga macam Mas Didut.

Aku agak kecewa yah, membawa panji-panji dotS, ternyata nama kami sangatlah asing di tempat itu. Aku sadar dengan komunitasku yang baru terbentuk ini. Lum ada greget sama sekali. Dari pihak panitia juga sepertinya acuh tak acuh melihat orang-orang baru di sekitar mereka. Tapi bila dengan komunitas yang sudah dikenal, mereka begitu tanggap sekali. Ya inilah dilema seperti kata-kata sebuah iklan televisi, tak kenal makanya tak sayang.

Namun ada pengobat rasa kecewaku. Ketika di wawancari oleh beberapa media dari Jogja. Ada dari radio Star Jogja dimana wawancara yang dilakukan live melalui handphone saat acara mengudara. Pertanyaannya sekitar dot Semarang dan perkembangannya saat ini. Alhamdulillah ada yang peduli dengan dotS selama di Jogja. Beda dengan acara PBJogja yang hanya mengenalkan keanekaragaman komunitas lewat orang-orang yang sudah dikenal. Padahal banyak onliner-onliner baru di acara ini, sayang tak ada respon. Sekedar pesta tanpa merangkul semua pihak.

Acara akhirnya selesai jam 10 malam lewat. Sahabat-sahabatku berencana ingin mencoba kopi jos khas asli Jogja. Saat itu, kebenaran ada mas Aribicara yang tahu seluk beluk kota Jogja. Setelah melakukan konfirmasi dengan mengajak BLOGDETIK Juga, akhirnya kami berangkat ke tempat dimana kopi jos berada.

Wow keren banget pikirku. Ketika melintasi jalanan yang sudah begitu ramai sekitar tempat ini. Aku dan sahabat-sahabat serta mas Ari dengan temannya sudah sampai duluan. Sedangkan dari Blogdetik beberapa menit kemudian baru nyampe dan berkumpul bersama kita.

Apa sih kopi jos itu? Kopi jos adalah kopi yang hanya ada di Jogja dekat stasiun. Kopi yang didalam gelasnya di campur dengan arang yang panas. Namun tidak pahit karena adanya sedikit pemanis yang dicampur. Selain itu ada juga Teh Jos. Penyajiannya sama juga, menggunakan arang di dalam gelasnya yang bercampur dengan tehnya.

Keramaian sepanjang jalan begitu sangat menarik sekali. Ini jarang sekali aku dapatkan di Semarang. Bersama Blogdetik, kita semua bercerita serunya tempat ini. pengalaman-pengalaman dan lainnya juga.

Pukul 12.30 dini hari, kita semua beranjak pergi dari tempat itu. Aku dan sahabat-sahabat masih bingung mau tidur dimana nanti. Banyak hotel-hotel Jogja yang murah-murah tapi..gak ah. Sebenarnya ada dua alternatif yang bisa digunakan. Ada mas Aribicara yang mau mengajak aku dan sahabat nginap di kosnya, tetapi aku merasa nggak enak hati jadi tidak menyetujui ajakan mas Aribicara. Alternatif kedua, adalah nginap ditempat temannya si choky. Tapi aku tolak juga.

Akhirnya aku putuskan untuk langsung pulang menuju Semarang. Meski lelah, aku berusaha menguatkan diri bahwa aku mampu mengendarai mobil yang aku bawa. Karena hanya satu-satunya yang bisa mengendarai mobil diantara sahabats-sahabatku.

Terakhir, hampir ditabrak mobil dikarenakan menerobos jalan satu arah

Betapa menyilaukan sekali cahaya yang masuk ke dalam kaca mobil bagian depanku. Tak mau kalah, aku menyalakan lampu jimku ke arah mobil itu. Sahabat-sahabatku kaget semua. Ternyata ini jalan satu arah yang aku terobos. Ya ampun, aku hilang arah ternyata. Choky yang ada disampingku agak panik setelah terbangun dari tidurnya barusan. Salah jalan kita nih.

Hahaha…untung saja tidak ada polisi yang melintas. Yasudah semenjak kejadian itu, kami semua tidak ada yang tidur hingga sampai Semarang. Melewati gelapnya malam, hutan-hutan yang tidak ada cahaya serta senyap-senyap jalanan menjadi bagian perjalanan pulang kami.

Inilah pengalaman berharga ku bersama sahabat-sahabat dotS mengikuti acara pesta blogger Jogja. Masih ada kota-kota lain yang siap memberikan pengalaman yang lebih seru lagi. Mudahan bisa terealisasikan. Terimakasih untuk yang sudah membaca postingan ini. Yes, dengan akomodasi perjalanan ke Jogja yang murah, kita berhasil melewati keterbatasan dalam hidup kita.

Terimakasih spesial :

BLOGDETIK
Panitia PB Jogja
Mas Ari Bicara

Salam Blogger

asmariedexter


TAGS vacation Semarang dexter Pesta Blogger Blogdetik Yogyakarta dotsemaranga


-

Author

Search

Recent Post